klinik aborsi

Pengertian Aborsi Dan Kuret

Apakah arti aborsi atau kuret? Artinya adalah menggugurkan atau mengeluarkan hasil konsepsi (janin dan plasenta) dari dalam rahim sebelum waktunya untuk dilahirkan. Lalu kenapa harus dilakukan tindakan aborsi? Kalau berdasarkan ilmu kedokteran hal ini dilakukan karena adanya indikasi atau kondisi yang riskan dari janin tersebut ataupun dari si ibu yang membuat kehamilan tidak mungkin untuk diteruskan atau dipertahankan. Namun melihat kondisi sosial kita sekarang ini kasus kehamilan diluar nikah sangat sulit untuk dihindari sehingga banyak terjadi kehamilan yang tidak diinginkan. Hal ini semua akan berujung pada tindakan kuret aborsi. Akan tetapi dalam hal ini tidak boleh sembarang cara dalam mengambil kesimpulan untuk melakukan aborsi.

Cara apa sajakah yang tepat dilakukan untuk aborsi atau menggugurkan kandungan? Hanya ada satu cara yang benar untuk melakukan aborsi aman yaitu tindakan kuretase yang dilakukan di klinik kandungan ataupun rumah sakit dan oleh dokter kandungan. Namun masih banyak yang berasumsi dengan cara mengkonsumsi obat peluntur kandungan atau obat aborsi yang dijual dalam berbagai merek untuk menggugurkan kandungannya. Hal ini sangat tidak dianjurkan dalam ilmu kedokteran karena obat tersebut mempunyai efek yang membahayakan bagi yang mengkonsumsinya.

Sebenarnya semua jenis obat aborsi yang dijual tersebut manfaatnya bukan untuk aborsi tapi untuk penyakit maag. Namun obat tersebut mempunyai efek samping yang merusak isi rahim dan bukan untuk mengeluarkannya artinya isi rahim rusak tapi tidak bisa keluar karena mulut rahim tidak membuka karena tidak adanya kontraksi. Efek yang terjadi dalam jangka pendek adalah isi rahim yang rusak tadi bisa menyebabkan infeksi yang dapat mengakibatkan demam tinggi bahkan kejang. Demikian juga dalam jangka panjang efek obat tersebut bukan hanya merusak isi rahim akan tetapi merusak organ-organ tubuh yang lain sehingga obat tersebut sangat berbahaya jika dikonsumsi berlebihan.

Selain itu ada juga cara aborsi dengan cara induksi yang sering dilakukan seperti proses melahirkan. Obat perangsang kontraksi diberikan melalui infus yang dipasang dan membutuhkan waktu beberapa jam bahkan seharian penuh menunggu kontraksi timbul agar si ibu bisa disuruh mengedan. Cara ini menimbulkan rasa sakit yang luar biasa seiring dengan kuat/lemahnya kontraksi. Dan cara ini hanya bisa dilakukan untuk usia kehamilan diatas 3 bulan. Resiko pendarahan lebih sering terjadi dengan metode ini.

Lalu seperti apakah aborsi dengan cara kuret? Dilakukan dengan cara penyedotan dengan suction yaitu sebuah alat penyedot yang ujungnya berbentuk seperti sedotan karet sehingga sangat aman dan tidak menyebabkan luka ataupun robekan pada bagian dalam ataupun bagian luar rahim sehingga tidak ada yang perlu dijahit/hacting. Dan dengan cara ini resiko pendarahan jarang terjadi.

Maka dalam hal ini apabila Anda ingin melakukan aborsi yang perlu diperhatikan adalah cara aborsi, ditangani oleh dokter kandungan, profesional dan bertanggung jawab sampai pasien sehat dan tetap dalam pengawasan hingga pasien telah mendapat menstruasi pada bulan berikutnya. Pelayanan ini semua bisa anda dapatkan di Klinik Aborsi Sehat klinik aborsi aman dan tempat kuret murah di Jakarta. Apabila masih ada yang hendak ditanyakan Anda boleh menghubungi langsung nomor di bawah ini dan kami akan dengan senang hati menjawab semua pertanyaan Anda.